Wednesday, January 18, 2017

Apa itu BLK? ini Penjelasannya!


Samsu Darus Priatna - beberapa hari yang lalu, saat gue terbangun di waktu subuh. gue buka hengpong dan langsung cek facebook beranda, gue nemuin sebuah pos pada grup loker yang melontarkan pertanyaan atau lebih tepat nya bertanya tentang suatu balai latihan kerja atau lebih akrab dikenal dengan BLK.

dengan pertanyaan-pertanyaan seperti, apasih itu blk? manfaat balai latihan kerja itu apasih? blk itu kaya gimana sih? kaya sekolah bukan? dan pertanyaan-pertanyaan mendasar lainnya tentang blk.

ternyata, masih banyak juga orang yang belum mengenal atau tahu tentang blk.

oleh karena itu, akhirnya gue mutusin buat nulis artikel ini dengan pembahasan yang mungkin akan terbilang singkat namun jelas. agar sedikit membantu dan memberikan gambaran untuk orang yang masih awam/belum mengenal BLK sama sekali.

Apasih itu BLK?

menurut wikipedia, balai latihan kerja atau mungkin sering disebut dengan blk adalah sebuah prasarana dan sarana tempat pelatihan untuk mendapatkan keterampilan khusus atau yang ingin mendalami keahlian dibidang nya masing-masing.

Manfaat nya dari BLK apa saja?

jelas banyak sekali manfaat nya, dan yang paling jelas adalah kita akan mendapatkan suatu keahlian/basic skill dibidang nya masing-masing sesuai dengan kejuruan yang di ambil saat di awal pelatihan.

dengan keahlian yang di dapat akan sangat berguna nantinya untuk dipakai di dunia kerja dan tentunya sesuai dengan basic skill nya.

namun tidak hanya di dunia kerja saja, untuk yang ingin memutuskan untuk memanfaat keahlian yang di dapat di dalam dunia usaha sendiri juga sangatlah bisa dan tentunya sangatlah bagus.

karena itu manfaat nya sangatlah banyak.

Kejuruan apa saja yang ada di BLK?

kejuruan nya bisa dibilang sangatlah banyak dengan sub kejuruan nya juga, diantaranya:
- Teknik Elektronika
- Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Teknik Manufaktur
- Teknik otomotif
- Teknik Komputer
- Tata Busana
- Tata Graha
- Tata Boga
dan masih banyak lagi tentunya, belum dengan sub kejuruan nya yang bermacam-macam.

dan bahkan di beberapa blk juga ada yang memfasilitasi keahlian dalam bidang bahasa asing seperti diantaranya bahasa inggris, bahasa jepang, dan bahasa korea.

Bagaimana jika ingin mengikuti program pelatihan BLK ini?

caranya mudah sekali, kalian hanya perlu mencari info ke blk terdekat yang ada di kota kalian. karena setiap kota sudah hampir semua terdapat blk.

jika sudah kalian hanya perlu mendaftar dan melengkapi persyaratan yang diminta oleh pihak blk.

dan selanjutnya kalian hanya perlu menunggu jadwal tes untuk penyeleksian.

Berapa lama pelatihan nya berlangsung?

kalo ini tergantung dari kejuruan yang diambil, karena setiap kejuruan waktu nya berbeda-beda. yang paling sebentar adalah sekitar 30 hari dan ada juga yang sampai 3 bulan atau mungkin lebih.

Apa ada biaya untuk mengikuti program pelatihan di BLK?

tidak ada alias GRATIS biayanya. dari mulai pendaftaran, pelatihan, sampai selesai juga semua nya tidak dikenakan biaya sama sekali.

paling ya duit bekel buat jajan ajah sih.

Apa ada fasilitas atau semacam nya?

dari pengalaman gue sendiri, fasilitas yang disediakan adalah mulai dari Asrama untuk tempat tinggal selama pelatihan, uang makan juga ada tentunya (dalam bentuk makan bukan uang), dan juga ada uang transport atau lebih mirip dengan uang gaji tetapi untuk uang transport ini diberikan nya nanti saat pelatihan nya selesai.

jadi kita dapat ilmu dan dapat uang pula.

untuk fasilitas pendukung pelatihan dan praktek juga sangatlah lengkap sekali mulai dari peralatan, baju, buku, alat tulis, tas kecil, modul, dan lainnya juga yang tentunya untuk menunjang keberlangsungan pelatihan.

Jika sudah berakhir apa kita dapat semacam Sertifikat?

ya betul sekali, nanti setelah selesai pelatihan akan ada sertifikasi. saat itu kita akan diberikan uang transport tadi dan juga sertifikat resmi sebagai bukti telah mengikuti pelatihan.

dan juga biasanya kita akan dibantu untuk disalurkan untuk bekerja, tapi yang satu ini biasanya sebagian ada yang disalurkan dan sebagian ada juga yang tidak, mungkin karena faktor-faktor tertentu.

gimana sudah jelas kan?
buat yang masih sedikit belom mengerti atau ada yang mau ditanyakan silakan berkomentar saja dibawah, jika sempat nanti akan saya balas satu per satu.


74 comments

Jikalau ada lowker membutuhkan ijazah SMK APK, dan sedangkan saya ijazahnya SMA tetapi saya mengikuti pelatihan kejuruan APK di BLK apa bisa sertifikat kelulusan APK itu di pakai daftar lowker tersebut? Terimakasih

Jika memang sudah punya sertifikat APK dari BLK tentu bisa kok dipake buat ngelamar seperti itu tinggal dilampirkan saja di lamaran nya, karena sertifikat sebagai bukti kalo kita sudah menguasai jurusan seperti APK.

Blk itu tamatan smp bisa ikutan??

Bisa, mulai dari tamatan SD SMP SMA juga bisa ikutan contoh nya seperti di bbplk bandung

Brarti gak tentu, setelah tamat blk bisa langsung kerja?

Klo yang ga langsung di salurin repot dong...

memang tidak tentu tapi setidak nya kita mendapat ilmu dan dan sertifikat untuk modal kita melamar ke perusahaan

memang harus nya sih gitu, saya dulu sama teman-teman sempat kesal karena janji untuk disalurkan dibantu untuk dimasukan kerja alhasil zonk sama sekali, yang akhirnya membuat saya beserta teman-teman harus berjuang masing-masing untuk mendapatkan pekerjaan

Kalo kita ikut blk terus kita pengen berhenti ditengah pelatihan. Bis gak?

untuk hal ini jujur selama ini saya belom pernah menjumpai, namun kalo memang ada alasan yang membuat kita ingin berhenti bisa dibicarakan terlebih dahulu langsung kepada pihak BLK nya.

selesai mengikuti BLK kan dapet sertifikat, bisa ga kita lanjutin ke univ ?

Bisa saja kok, di blk itu yang penting kita dapat pelatihan dan keahlian kedepan nya nnti itu bisa menjadi bekal untuk kita

Blk itu dikasih asrama? Jadi kita g tinggal dirumah? Blk itu sama kayak magang?..plis balas..atau gak balas di wa aku aja..penting 0895610124182
Makasih...

Blk itu dikasih asrama? Jadi kita g tinggal dirumah? Blk itu sama kayak magang?..plis balas..atau gak balas di wa aku aja..penting 0895610124182
Makasih...

Untuk yang dari luar kota disediakan asrama untuk peserta kecuali kalo dekat ya tinggal pulang pergi ajah dari rumah ke blk, gak kaya magang di blk kita justru seperti sekolah kita belajar keahlian tertentu

Kejuruan desain grafis ada ga kak?

Kalo gak salah waktu itu sih ada cuma saya lupa adanya di BLK mana

This comment has been removed by the author.

Maaf 🙏saya mau bertanya ,kalau ikut blk itu dari jam berapa sampai jam berapa?sama berapa hari dlm seminggu?apakah setiap hari?
Terimakasih

Waktu belajar nya yaitu 10 jam dari jam 7 sampai jam 5, kalo dulu saya kaya sekolah biasa dari hari senin sampai sabtu dan untuk minggu nya libur.

Apakah masuk blk di pungut biaya?

Sama sekali tidak dipungut biaya, karena ini program pelatihan kerja gratis

Dapat uang saku gak? Biasanya brp?

Kalo ngambil elektronik biasannya beraoa bulan? Kira kira ajh

setelah lulus blk apakah kita bisa membuka usaha sendiri?

Dulu saya dapat kok tapi lupa berapa nya

Jelas bisa dan sangat bagus menurut saya, apalagi jika keahlian dari hasil belajar di blk kita salurkan ke usaha dan lebih baik lagi kalo dari usaha itu bisa membuka lapangan kerja kecil-kecilan untuk orang lain.

Assallam muallaiku wr wb sya ingin tnya apa kh ikut blk tnpa ijazah bza

Waalaikumsalam, paling rendah untuk ikut blk itu minimal mempunyai ijazah SD namun untuk yang tidak punya ijazah sama sekali saya belum tahu betul namun ada kemungkinan bisa asal kita mau datang dulu ke blk berharap ada kebijakan untuk ikut pelatihan bagi yang tidak mempunyai ijazah.

Kalo seumpama ijazahnya lulusan kejar paket C bisa ngk ya buat daftar ke BLK ??

Pliss jawab kak

This comment has been removed by the author.

Kalau tes wawancara di blk itu seprti apa sih tolong kasih contoh yah

Bisa kok, saya sendiri lulusan paket c juga.

Kalau tes sama wawancara itu berbeda-beda yah, kalo dulu saya cuma wawancara tentang biodata ajah sih gak sampai di tes tapi kalo di blk sekarang ada tes nya juga tapi saya kurang tau seperti apa tes nya.

saya baru tes wawancara, tesnya krg lebih nanyain kegiatan sehari-sehari, biodata diri, siap sungguh²belajar/tdk, siap ikut aturan blk/tdk?.. sampe2 ane ditanyain gini: siap dipotong rambut 1cm gak??..

:D

Sipp bener banget ini, rambut emang harus dipotong 1cm dan nanti ada pelatihan fisik juga😀 terima kasih sudah berbagi info disini bro

Gan.. Pelatihan fisik yg gmn mksudx gan.. Kayak apa contohnya?

This comment has been removed by the author.

Kaya olahraga tiap pagi seputaran pelatihan fisik, agar tidak hanya keterampilan saja yang menjadi bekal namun dengan fisik yang siap dalam bekerja

Potong rambut 1cm?
Itu maksudnya rambut kita yg di botakin apa gimana? #gagalfokus

Iyah yang dimaksud 1cm itu dibotakin rambut nya

Kalau di blk, ada senioritas" gitu gak?

Gak ada sih sepengalaman saya selama di blk.

Informasinya bermanfaat skli👍👍, ohya wktu Anda mengikuti blk dlu smpai brpa bulan?

Kata abang kn pelatihan paling lama 3 bulan,saya murid semester 1 teknisi ahli mesin di blk kota serang,2 tahun pelatihan

Maaf mau nanya,kalo kita belum tau apa2/orang awam dengan pelatihan yang akan kita ambil,apa bisa kita ikut pelatihan bidang tersebut ?
mohon jawabannya,terima kasih

Maaf mau nanya,kalo kita belum tau apa2/orang awam dengan pelatihan yang akan kita ambil,apa bisa kita ikut pelatihan bidang tersebut ?
mohon jawabannya,terima kasih

Kalo menjahit gt biasax brpa lama ya pelatihanx....trmksh

apa kalo kita belom tau tentang mesin sama sekali bisa masuk blk?

Mau tanya..kok kakak saya di BLK kok udah hampir setahun yah disuruh magang kesana sini ..pokoknya pindah pindah dan ditarik biaya per dua bulan sekali..kadang tiga kadang dua juta..itupun gk tau disalurin apa gak nantinya..kok gitu ya...ini yg gak jelas BLK nya ato kakak saya.mohon pencerahannya

Assallamuallaiku wr wb sya ingin tnya apa kh di blk punya jurusan teknik komputer ?

Dan klau pelatihan minimal berapa bulan?

assalamualaikum.. mau bertanya, rencananya saya mau masuk blk jurusan teknik las , kira kira berapa lama proses pelatihannya?? Tolong dijawab😊

mau bertaya.
klo kita lulusan blk trus bekerja d perusaan gdih kita d ambil blk gk

Assalamu'alaikum kak saya mau bertanya saya masih ikut program pelatihan kerja di blk dan saya mendapat pekerjaan di tengah pelatihan saya apabila berhenti blk di tengah jalan apa harus mengembalikan biaya pelatihan terimakaih

Jika ikut pelatihan BLK dan berhenti tengah jalan, apalah harus ganti rugi uang yg telah dikeluarkan?

Jika ikut pelatihan BLK dan berhenti tengah jalan apakah bisa?
Apakah harus ganti rugi biaya yg dikeluarkan oleh BLK?

Sedikit info di Blk ada pendidikan awal materi soft skill,selnjutnya langsung pendidikan ketrampilan di workshop sesuai jurusan masing2

Bang kalo saya jurusan otomotif pengen ambil jurusan las bubut bisa nggak??

Kalau yg udah nikah bisa nggk masuk blk?

Kkak aku mu masuk blk doakan ya :D

Apakah di blk diajarkan meretas

Kalo jurusan perkantoran itu harus cewek ya ?

Apakah uang makannya itu 3 kali sehari atau makan siang saja?

Kalau mau nanyak mas kalau Bagian kejuruan teknologi informasi bisa berapa lama y seleksi,Trima kasih

Izin bertanya jika ikut b)k yang di Bandung untuk potongan rambut harus cepak apakah bagaimana ?

Berapa lama proses blk sampai selesai

Mas jurusan yang paling bagus di blk kira kira apa mas

Apa bisa dapat kartu prakerja bang yg sdh oernah ikut pelatihab di BLK

Maaf Kalaumau nanyaa,kalo mau masuk BLK tapi belum punya keahlian sama sekali bisa gak??

Berapa lamakah latihan kerja untuk teknik kendaraan ringan

Mau berkomentar disini bro dan sis? monggo, tapi inget.
- dilarang spam/menyertakan link yang gak jelas.
- dan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan relevan.
EmoticonEmoticon